Gold Review : Harga Emas Melemah, Daya Pikat Safehaven Sedikit Pudar

Gold Review : Harga Emas Melemah, Daya Pikat Safehaven Sedikit Pudar

kedaitrader.com - Pasar emas berakhir naik dengan keuntungan moderat, setelah mencatatkan rekor tertinggi harianya pada $1,933. Sentimen pasar yang mulai membaik dan tenang pada krisis perbankan global menghapus perlahan daya tarik safehaven pada emas, meski pasar masih berhati-hati pada kemungkinan hilangnya momentum kenaikan suku bunga the Fed pada pertemuan pekan depan.

Dipasar spot, harga emas berakhir naik hanya sekitar $1.19 - kurang dari 0.10% pada level $1,919.30 per ons, setelah uji tertinggi $1,933 dan terendah $1,907. Sementara emas berjangka kontrak April berakhir melemah sebanyak $8.30 atau 0.43% pada kisaran $1,923 per ons di Divisi Comex.

  • Minyak

Harga minyak mentah dunia berbalik menguat ke level $68 per barel setelah anjlok ke level terendah $65.86 per barel (level terendah 15 bulan) karena kekhawatiran tentang krisis akan semakin melebar.

Harga minyak berhasil pulih dari penurunannya setelah sentimen pasar berbalik positif setelah sederatan perbankan AS memberikan dorongan dengan memberikan suntikan $30 milyar pada First Republic Bank untuk menghindari kebangkrutan.

Pasar juga nampak menyambut baik pertemuan Arab Saudi dan Rusia bertemu untuk membahas peningkatan stabilitas pasar. Menteri Energi Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman dan Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak bertemu di ibu kota Saudi untuk membahas upaya kelompok OPEC+ untuk menjaga keseimbangan pasar.

  • Sentimen

Memasuki sesi perdagangan akhir pekan, fokus utama pasar global akan tertuju pada laporan inflasi Eropa pada pukul 17:00 WIB dan Survei Consumer Sentimen AS pada pukul 21:00 WIB.

Pasar diharapkan untuk berhati-hati memasuki sesi perdagangan akhir pekan. Aksi profit taking mungkin terjadi setelah dorongan krisis perbankan sepanjang perdagangan pekan ini dan mengingat volatilitas pasar yang lebar.

--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages