Analisa Emas - 4 Juni 2014

kedaitrader.com - Pasar emas diperdagangkan flat selama sesi perdagangan Selasa (3/6) mencatatkan keuntungan tipis untuk pertama kalinya setelah melemah dalam lima sesi perdagangan berturut-turut. Investor nampak tenang dan mencerna setiap perkembangan yang terjadi menjelang data kunci pekan ini.

Harga Emas berjangka kontrak Agustus, sebagai kontrak teraktif saat ini menyelesaikan sesi perdagangan Selasa (3/6) dengan keuntungan tipis sebesar $2.10 atau 0.17% berakhir pada $1,245.00 di Divisi Comex New York Mercantile Exchange. 

Dipasar spot harga emas ditutup naik hanya sebanyak 50 sen atau 0.04% berakhir pada $1,244.50, setelah sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,247.55 dan serendah $1,240.20. 

FUNDAMENTAL ANALISIS

Selama sesi perdaganan kemarin (3/6) pasar emas diperdagangkan sangat flat bahkan setelah data Factort Orders AS dirilisdengan hasil yang cukup baik. Dalam data yang dirilis tingkat pesanan pabrik di AS menunjukkan adanya peningkatan sebesar 0.7%. Meski dirilis lebih lambat dari kenaikan periode bulan sebelumnya pada 1.5% namun angka tersebut berada lebih tinggi dari harapan pasar.

Investor nampak tenaang, bahkan setelah data tersebut dirilis, investor nampaknya hanya akan terfokus pada data ketengagakerjaan AS diakhir pekan. Memasuki sesi perdagangan hari ini, pasar emas mungkin akan diperdagangankan dengan volatilitas yang lebih besar menyusul data ADP Employment AS yang akan dirilis disesi perdgangan AS mala mini pada pukul 19.15 GMT+7. 

ADP diperkirakan akan dirilis lebih rendah pada angka 210.000, sedikit lebih rendah dari hasil data bulan April pada 220.000. pasar sepertinya akan merespos data tersebut dengan cermat sebagai acuan untuk data Non-Farm Payrolls diakhir pekan. Jika dirilis sesuai dengan perkiraan pasar maka pasar emas berpotensi menguat disesi perdagangan hari ini.

Disesi perdagangan Eropa, pasar akan terfokus pada beberapa data PMI Manufaktur Services. Berdasarkan data awal pekan dari sector manufaktur, data menunjukkan adanya penurunan.

Kembali diingatkan bahwa, Memasuki sesi perdagangan pekan ini, kunci utama pasar berada pada data Non-Farm Payrolls (NFP) AS yang akan dirilis pada Jum’at (6/6). NFP diperkirakan akan dirilis pada kisaran 215.000, lebih rendah dari data sebelumnya pada 288.000. jika sesui dengan perkiraan pasar maka harga eams berpotensi bergerak lebih tinggi pasca data tersebut dirilis. 

Dari Eropa pertemuan Bank Sentral Eropa (ECB) dan pertemuan Bank Sentral Inggris (Bank Of England /BOE) pada hari Kamis (5/6) juga akan memberikan dampak yang cukup besar pada harga emas. ECB diperkirakan akan menurunkan suku bunga bank pada level terendah yakni 0.1%. Selain itu, ECB juga diperkirakan akan meluncurkan langkah Quantitative Easing, Jika dilakukan maka harga emas berpotensi menerima dukungan dari hal tersebut.

TEKNIKAL ANALISIS

Secara teknis, harga emas berpotensi rebound setelah mengalami penurunan hampir $50 dalam lima sesi perdagangan berturut-turut. Hal ini juga terlihat dalam indicator RSI pada grafik H4 yang mulai menunjukkan indikasi bullish divergen.

Memasuki sesi perdagangan pekan ini, pasar diperkirakan flat diawal pekan dan berpotensi rebound sebelumnya data NFP diakhir pekan, dengan kisaran $1,283.00 - $1,241.50 pada pekan ini. Memasuki sesi perdagangan hari ini, emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran $1,261.10 - $1,236.50.

Alternatif Posisi : 
Outlook : Negatif 

Short Term Trade :
- Buy If Break $1,252.00 
  Target : $1,255.00 ; $1,258.00

- Sell If Break $1,236.50
  Target : $1,234.00 ; $1,32.00



For Medium Or Long Term Recommendation, Fundamental and Technical Analysis you can SUBSCRIBED as Platinum Members of Kedai Trader

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages