Analisa Emas - 17 September 2014

kedaitrader.com - Emas diperdagangkan menguat selama sesi perdagangan Senin (16/9), diperdagangkan menguat hingga level tertinggi hariannya pada $1,241.85 setelah indeks dolar AS sempat melemah selama sesi perdagangan Eropa hingga level 83.87 kemarin.

Emas berjangka kontrak Desember menyelesaikan sesi perdagangan Selasa (16/9) dengan keuntungan tipis sebesar $1.60 atau 0.13% berakhir pada $1,236.70 per troy ounce di Divisi Comex New York Mercantile Exchange. 

Dipasar Spot, harga emas naik sebesar $1.80 atau 0.15% berakhir pada $1,235.60, setelah sebelumnya sempt diperdagangkan hingga setinggi $1,241.85 dan serendah $1,231.50.

Indeks Dolar AS diperdagangkan turun dan ditutup pada level 84.07, melemah sekitar 17 pips atau 0.20%, setelah sebelumnya sempat diperdagangkan hingga setinggi 

FUNDAMENTAL ANALISIS

Emas menguat sepanjang sesi perdagangan Senin hingga Selasa (16/9) setelah emas mencatatkan kerugian dalam lima sesi perdagangkan berturut-turut. Indeks dolar AS yang stabil pada kisaran 84.00 telah memberkikan tekanan besar pada harga emas minggu lalu. 

Selama sesi perdagangan kemarin emas menguat sebagai aksi profit taking oleh para investor jelang pertemuan FOMC minutes AS pada Kamis dini hari nanti. Investor memanfaatkan sedikit momentum, sebelumnya akhirnya pasar akan kembali diperdagangkan pada volatilitas yang besar.

Memasuki sesi perdagangan hari ini, pasar akan diwarnai oleh banyak data dimulai dari sesi perdagangan Eropa. Data Neraca Perdagangan Italia dan Spanyol akan mengawali sederatan data pada sesi perdagangan hari ini pada pukul 15.00 GMT+7. Disusul pertemuan Bank Of England MPC Rate Vote akan digelar pada pukul 15.30 GMT+7 dan data Unemployment rate Inggris pada jam yang sama.

Memasuki sesi perdagangan Amerika malam nanti, data CPI akan membuka pasar AS dengan dukungan yang tidak terlalu besar, disusul pertemuan FOMC Minutes AS (01.00 GMT+7) dan Press Conference Kepala Federal Reserve AS janet Yellen (01.30 GMT+7).

Pasar global akan diperdagangkan pada volatilitas yang sangat besar malam ini, dan diharapkan investor untuk berhati-hati terhadap pertemuan FOMC Minutes AS yang akan membahas seputar kelangsungan program Qunatitative Easing dan Suku Bunga Bank. Jika terjadi perubahan pada masing-masing stimulus diperkirakan akan cenderung memberikan dukungan pada Dolar AS dan melemahkan harga Emas.

TECHNICAL ANALISIS

Secara teknis, harga emas berpotensi mengejar level support kuatnya pada $1,180 yang merupakan level terendah sejak tahun lalu. terlebih jika Federal Reserve AS mengakhiri program QE dan menaikkan suku bunga sesegera mungkin.

Dalam kondisi sementara, pasar emas akan mengalami shock dengan penurunan atau kenaikan tajam pada saat berita diumumkan. Jika Federal Reserve AS kembali memotong (tapering) program pembelian asset pada pertemuan mendatang maka potensi penurunan akan lebih dominan terjadi.

Perhatikan level support terdekat emas pada $1,223.40, jika harga mampu bergerak dibawah level tersebut maka emas berpotensi bergerak pada kisaran $1,215.80.

Sementara level Resistance emas yang cukup kuat berada pada level $1,243.70, dengan potensial target emas pada $1,258.00.

Memasuki sesi perdagangan hari ini, emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran $1,243.70 - $1,230.50. Dimana penembusan masing-masing batas atas (resistance) dan batas bawah (support) akan menentukan trend selanjutnya pada pasar emas.




For Medium Or Long Term Recommendation, Fundamental and Technical Analysis you can SUBSCRIBED as Platinum Members of Kedai Trader

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages