Oil Review : Konflik Geopolitik Dorong Kenaikan Harga Minyak Ke Tertinggi 8 Tahun

Oil Review : Konflik Geopolitik Dorong Kenaikan Harga Minyak Ke Tertinggi 8 Tahun

kedaitrader.com - Harga minyak ditutup menguat tajam , uji level tertinggi sejak 2014 ditengah kekhawatiran Investor tentang ketegangan politik global yang melibatkan produsen utama minyak seperti Uni Emirat Arab dan Rusia yang dapat memperburuk prospek pasokan minyak global.

Agresi Rusia terhadap Ukraina dan penolakan berulang-ulang oleh Iran terhadap dorongan global menuju denuklirisasi adalah beberapa rangkaian faktor yang mendorong kenaikan minyak akhir-akhir ini. Sentimen lainnya pendukung kenaikan harga minyak adalah laporan terjadinya ledakan pipa minyak dan kebakaran pada fasilitas minyak yang membawa sekitar 450kb/d minyak mentah dari Irak ke Turki.

Dipasar spot, harga minyak ditutup menguat sebanyak $2.48 atau 2.87% berakhir pada level $86.55 per barel, setelah sempat uji tertinggi Oktober 2014 pada $86.63 per barel. Minyak mentah berjangka Brent (London) ditutup naik sebanyak $1,45 atau 1,66% menetap pada level $87,51 per barel. Sementara Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS berakhir naik sebanyak $1.01 atau 1,19% berakhir pada level $84,83 per barel.

Memasuki sesi perdagangan hari ini, pasar minyak akan mulai terfokus pada rangkaian data supply minyak mentah AS yang akan dirilis oleh lembaga API pada pukul 04:30 WIB dini hari nanti dan oleh EIA pada Kamis (20/1) pukul 23:00 WIB.

--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages