Whats to Know : Bank Sentral Kehabisan Senjata

MAU ALERT MASUK LANGUNG KE WHATSAPP PRIBADI KAMU ? SEGERA DAFTAR MEMBER KEDAI TRADER PALTINUM

Whats to Know : Bank Sentral Kehabisan Senjata

kedaitrader.com - Dalam dua pekan terakhir hampir mayoritas Bank Sentral Negara-negara didunia berbondong-bondong lakukan pemangkasan suku bunga besar-besaran.

Terlebih pada Bank Sentral Negara-Negara Besar yang berlomba-lomba pangkas Suku Bunga Acuan hingga 0% ditengah perlambatan ekonomi akibat efek dari penyebaran COVID-19.

Dalam dua pekan sebelumnya harga emas terus tertekan turun dengan volatilitas yang sangat besar karena kehilangan daya tarik safe haven ditengah kondisi ekonomi yang tidak pasti dan bukan pada keadaan perang atau kasus lainnya. Melainkan penyebaran Wabah Dunia yang mengancam terbatasan hubungan antar negara dan berimbas pada kesulitan pangan.

Pada kasus demikian Investor akan cenderung berburu uang cash dari kekhawatiran sulitnya penarikan dana dan krisis pangan.

Dalam efek jangka menengah setelah serangkaian stimulus bank sentral yang diluncurkan - kini bank sentral mulai kehabisan 'senjata'. Dalam arti pemangkasan suku bunga sudah terbatas, Namun jika ekonomi masih lambat - Bank Sentral hanya akan berlomba-lomba luncurkan stimulus (mengujurkan dana segar) dipasar keuangan - yang a kan mendorong semakin banyak jumlah uang beredar dipasar real.

Dalam kondisi seperti ini, harga emas akan berpeluang diuntungkan karena akan dimulainya konsumsi bank entral terhadap safe haven yang kekal terhadap deflasi maupun inflasi. Kondisi seperti ini dapat kita pelajari pada Krisis Keuangan Global 2008 ketika suku bunga Fed rendah (0% - 0.25%) dan Stimulus berkala sejak 2008 hingga 2011.

Saat ini, Harga emas masih memiliki kecenderungan untuk turun. Dengan penurunan diperkirakan pada kisaran $1,430.00 hingga $1,370.00 hingga akhir 2020. Terlebih jika hingga kuartal kedua dampak Virus Korona masih sangat besar dan belum dapat tertangani dengan baik.

Dari pola penurunan yang terjadi, level $1,430 dapat dijadikan sebagai level Buy On Weakness tahap pertama untuk Medium Term, dengan tahap Averange berikutnya pada kisaran $1,380. Dengan target rebound pada kisaran $1,480.00 ; $1,530.00.




Ghinie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages