Analisa Emas - 29 Oktober 2014

kedaitrader.com - Emas diperdagangkan pada volatilitas yang cukup besar namun terbatas didalam kisaran support dan resistance, mondar-manadir pada area positif, menjelang pertemuan puncak FOMC Minutes Malam dini hari nanti. Pasar diangkat lebih tinggi sebagai momentum akhir dari penyelengaraan QE yang mungkin akan berakhir pada Oktober ini. 

Emas berjangka kontrak Desember menyelesaikan sesi perdagangan Selasa (28/10) dengan keuntungan hanya sebesar 10 sen atau 0.01% berakhir pada $1,229.40 di Divisi Comex New York Mercantile Exchange. Selama sepekan terakhir, emas berjangka catatkan kerugian sebesar $9.40 atau 0.75%.

Dipasar Spot, harga emas ditutup naik sebesar $2.7 atau 0.22% berakhir pada $1,228.00 per troy ounce, setelah sebelumnya sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,235.55 dan serendah $1,222.35. Sepekan lalu, emas spot catatkan kerugian sebesar $7.90 atau 0.63%.

FUNDAMENTAL ANALISIS

Selama sesi perdagangan semalam pasar emas diperdgangkan pada kisaran yang lebih besar dari sesi perdagangan sebelumnya. Emsas menguat menyusul pelemahan dolar setelah beberapa data ekonomi AS dirilis dengan hasil yang tidak terlalu baik. 

Diakhir sesi harga emas kembali diperdagangkan melemah mendekati level pembukaan Selasa (28/7), sebagai antisipasi investor menjelang pertemuan puncak FOMC Minutes AS malam ini. 

Emas menguat tajam pada awal sesi peradgangan AS mencapai level tertingginya pada $1,235.55 setelah data Durables Goods dirilis dengn haisl yang mengecewakan. Data Durables Goods AS turun sebanyak 1.3% selama periode September. Lebih buruk dari perkiraan dan data sebelumnya pada +0.5% (F) dan -18.4% (P). Diluar penjualan alat transportasi, Durables Goods AS turun sebanyak 0.2% selama periode September. Lebih buruk dari perkiraan dan data sebelumnya pada +0.5% (F) dan +0.4% (P).

Pagi ini, emas diperdagangkan lebih tinggi dan mungkin akan diperdagangkan didalam range kisaran kemarin, hingga menjelang pertemuan FOMC Minutes. Volatilitas pasar akan meningkat beberapa jam menjelang pertemuan FOMC dan investor diharapkan untuk memperhatikan level-level kritis emas.

Kembali diingatkan bahwa, Pertemuan ini akan menjadi fokus pasar secara global karena sebagai penentuan apakah program pembelian oboligasi Fed (QE3) akan segera berakhir. Jika QE3 dihentikan maka, secara fundamental seharusnya emas akan mengalami penurunan tajam.

TECHNICAL ANALISIS

Secara teknis, dalam pola jangka pendek emas telah membentuk channel bullish, namun dalam sesi perdagangan Kamis (23/10) emas baru saja menembus level support $1,237.60 yang merupakan trendline bawah dari bullish channel tersebut.

Hal ini memungkinkan harga emas berkisar dibawah level tersebut dan emas berpotensi mencapai level support berikutnya pada $1,221.30 (S2) , $1,212.20 (S3).

Khusus pada sesi perdagangan hari ini, pasar akan kembali melihat perkembangan seputar pertemuan FOMC Minutes , hasil dari pertemuan ini akan menentukan trend lanjutan, setelah rebound dua minggu lalu.

Berdasarkan grafik bulanan, telah terbentuk pola triangle – dimana jika harga mampu menguji dan menembus level supports $1,180.00 maka emas berpotensi melanjutkan penurunan hingga target jangka panjang pada kisaran $926.70.

Memasuki sesi perdagangan hari ini, emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran $1,236.20 - $1,221.00. Dimana penembusan masing-masing batas atas (resistance) dan batas bawah (support) akan menentukan trend selanjutnya pada pasar emas.



Silahkan hubungi Kami untuk pertanyaan seputar Produk dan Pendaftaran member Kedai Trader Platinum.

Telp : +62 821-3565-6333
E-mail : cs@kedaitrader.com
PIN : 2B8F7267



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages