Analisa EURUSD - 30 Agustus 2012


Euro terkoreksi turun di awal perdagangan sesi Asia kemarin 29 Agustus 2012. Euro bergerak turun ke level 1.2529 menjauhi level tertinggi hariannya sepanjang sepekan kemarin. Namun memasuki sesi perdagangan Eropa, euro kembali terkoreksi naik hingga mampu menembus level resistance pertamanya di level 1.2560 hingga mencapei level tertinggi hariannya pada perdagangan kemarin di level 1.2572. Secara fundamental yang mempengaruhi pergerakan euro terkoreksi naik hingga  mencapai level tertinggi hariannya pada sesi perdagangan kemarin, karena masuknya beberapa data ekonomi dari eropa yang memberikan sentiment positif untuk euro bergerak naik, diantaranya; data Consumer Confidence Italia yang sesuai prediksi pasar di level 86.0 dari previous 86.5, masih dinilai positif untuk euro. Data yang menunjukan Yield Obligasi Italia yang bertenor 6 bulan turun menjadi 1.585% dari sebelumnya di level 2.957%.
Selain itu pula data CPI german (YoY) yang naik menjadi 2.0% dari sebelumnya 1.7% dan lebih tinggi dari forecast 1.8% kembali menguatkan euro pada sesi perdagangan eropa kemarin.  Memasuki sesi perdagangan AS, Euro kemabli terkoreksi turun akibat penguatan mata uang dollar terhadap euro. Euron bergerak turun hingga mencapai level rendah harian pada sesi perdagangan kemarin di level 1.2517. Masuknya data  GDP AS yang naik menjadi 1.7% dari previous 1.5%, membuat euro terkoreksi turun. Hal ini terjadi karena pasar kembali berspekulasi akan kebijakan stimulus QE 3 AS yang akan kembali tertunda pada hasil pertemuan Jackson Hole akhir pekan nanti. Apa bila indicator ekonomi terus  menunjukan adanya pertumbuhan ekonomi AS, maka diprediksi The Fed akan kembali menunda kebijakan pelonggarannya tersebut. Namun pergerakan euro di akhir pedagangan kemarin kembali terkoreksi naik dikarenakan masuknya data Pending Home Sales AS yang meningkat menjadi 2.4% lebih tinggi dari prediksi 1.0% serta previous -1.4%. Hal ini pun memberikan sentiment negative untuk dollar sehingga euro kembali mamapu bernajak naik hingga mencapai level 1.2548.
Kamis 30 Agustus 2012, Euro dibuka pada level 1.2535, dimana ditutup pada sesi perdagangan sebelumnya di level 1.2533. Diprediksi hari ini Euro akan bergerak dalam kisaran level 1.2575-1.2489. Secara fundamental, focus market hari ini masih seputar spekulasi pasar dalam menantikan hasil pertemuan Jackson hole akhir pekan ini serta pertemuan ECB  9 september mendatang. Pasar masih menantikan kebijakan stimulus apa yang akan dilakukan untuk segera mengatasi krisis hutang eropa yang kini sudah berdampak secara global. Selain itu pula masuknya data ekonomi perihal German Umployment rate German yang diprediksi tetap berada di level 6.8%, serta yield obligasi Italia yang bertenor 5 sampai 10 tahun yang akan dilelang hari ini diprediksi turun dikarenakan faktor yield obigasi bermasalah seperti Spanyol pun juga turun pada beberapa hari yang lalu, maka hal ini pun akan memberikan sentiment positif untuk euro bergerak naik hari ini. Selain itu pula data ekonomi AS perihal job disclaimnnya, diprediksi turun menjadi 370K dari previous 372K,akan memberikan sentiment positif untuk dollar sehingga akan berimpact terhadap euro pada perdagangan hari ini untuk terkoreksi turun menembus level supportnya menjauhi level tertinggi hariannya sepanjang sepekan. Outlook hari ini untuk euro masih netral dikarenakan potensi euro untuk naik masih berpotensi naik apa bila data ekonomi AS yang dirilis malam nanti menunjukan perlambatan kembali pertumbuhan Ekonomi AS, sehingg mampu mendorong The Fed untuk segera melakukan kebijakan QE3 nya yang selama ini tertunda. Namun potensi euro untuk bearish hari ini terjadi apabila data ekonomi AS menunjukan adanya pertumbuhan positif bagi ekonomi AS
Recommend:

* Buy if break resistance 1.2534
  Target: 1.2549; 1.2575

* Buy  on area support 1.2520
  Target: 1.2534; 1.2549

* Sell if break support 1.2525
  Target: 1.2505: 1.2489


* Sell on area resistance 1.2561
  Target : 1.2549; 1.2534

 



FOR LIVE MARKET UPDATE & DAILY STOCKS, GOLD, FOREX RECOMMENDATION FOLLOW @KEDAITRADER OR ADD PIN:29A5DFFB ( BM : KEDAITRADER )

1 komentar:

  1. Pending Home Sales : Actual 2,4 %, forecast 1,1 % previous -1,4%.
    Maaf, mungkin saya salah, bukannya kalau data actual lebih tinggi dari forecast itu berarti usd menguat, artinya eur/usd turun ?
    Kalau saya benar, mungkin kenaikan eur/usd setelah data Pending Home Sales disebabkan lain hal mungkin. TQ.

    BalasHapus

Pages