Dolar Akan Stabil Diatas 91

kedaitrader.com - Dolar menguat tajam diawal sesi perdagangan tahun ini, melejit mendekati level 92 tertinggi sejak 10 tahun terakhir. Dolar menerima dukungan atas spekulasi Bank Sentral Eropa atas program pembelian yang mungkin akan dirilis dalam skala yang lebih besar pada tahun ini.

Dolar mengakhiri sesi perdagangan Jum'at dengan keuntungan sebesar 113 poin atau 1.24% berakhir pada level 91.40. Dolar berada pada level 91.52 saat berita ini ditulis.

Euro anjlok pada level terendah sejak 2006, setelah komentar ECB – EUR/USD turun pada level 94 atau 0.79% berakhir pada level 1.20024 pada akhir sesi penutupan Jum'at (2/1). Awal sesi perdagangan minggu ini, Euro dibuka anjlok – tembus level 1.20. Euro berada pada level 1.19426 saat berita ini ditulis.

Secara fundamental, faktor kuat dari ekonomi AS yang mulai membaik dan stimulus yang mungkin akan digelontarkan dalam skala besar oleh ECB untuk menopang ekonomi Eropa akan cenderung mendorong Dolar bertahan pada posisi tertinggi dalam 10 tahun terkahir. 

Momentum kenaikan suku bunga AS dan peluncuran ECB akan menjadi momentum besar bagi pasar global selama 2015 ini. Kekuatan dolar akan menbawa rival dolar bergerak lebih rendah dimana EUR/USD mungkin akan stabil dibawah level 1.20. 

AUD/USD nampaknya akan mampu mencapai level 0.79 karena penurunan harga komoditas yang cukup signifikan selama kuartal ke-4 tahun lalu.

Bagi pasar Emas, keuntungan dolar akan membawa emas kesulitan bergerak lebih tinggi meski minat safe-haven pada emas cukup besar ditengah krisis global. Emas nampaknya akan mampu bergerak dibawah level $1,000 per troy ounce jika dolar mampu mencapai level 92 (tertinggi 2005) dan ketika Fed menaikkan suku bunga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages