Awal Tahun, Waspada Laporan Hasil Produk Minyak OPEC Desember

kedaitrader.com - Harga minyak mentah dunia dibuka stabil dilevel $54 per barrel disesi perdagangan 2017. Setelah mencatatkan keuntungan tajam selama periode 2016 ditengah persetujuan pemotongan produksi minyak mentah dunia pada November lalu.

Selama 2016, harga minyak telah mencatatkan keuntungan sebesar 41.57% pencapaian terbesar dalam 7 tahun terakhir.

Melihat keuntungan yang sangat besar diperiode kuartal terakhir tahun lalu, memasuki sesi perdagangan awal tahun baru ini – investor diharapkan mengantisipasi kemungkinan adanya koreksi dalam jangka pendek.

Secara teknis, setelah menguat tajam sejak November lalu, harga minyak belum mengalami koreksi besar. Dilihat dari pola RSI – harga minyak telah berada pada posisi Overbought (Jenuh Beli) hanya saja secara fundamental belum ada factor yang mampu menggerakkan pasar.

Pada awal tahun ini, pasar minyak akan terfokus pada hasil laporan produksi minyak mentah OPEC selama periode Desember 2016.

Jika dalam laporan tersebut, produksi minyak masih terus meningkat – maka harga minyak berpotensi terkoreksi di Januari 2017 ini.

Harga minyak berpotensi menguat kembali di periode Februari, ketika laporan pemotongan produksi minyak yang mulai terlihat dalam satu bulan berjalana (Januari).

Pagi ini, harga minyak bergerak flat ditengah minimnya data dan factor fundamental lainnya. Harga minyak berada pada level $54.01 per barrel saat berita ini ditulis.

Pada sesi perdagangan Jum,at ;a;u (30/12) Pasar minyak ditutup naik sebanyak 5 poin atau 0.09% berakhir pada level $53.88 per barrel, setelah sempat diperdagangkan hingga setinggi $54.05 dan serendah $53.39.

Dipasar minyak berjangka, Crude Oil kontrak Januari ditutup turun sebanyak 5 sen atau 0.1% berakhir pada level $53.72 per barrel di divisi New York Mercantile Exchange.

Brent Crude kontrak Januari ditutup turun sebanyak 22 sen atau 0.40% berakhir pada level $56.63 per barrel di Divisi ICE Futures Exchange London.

Memasuki sesi perdagangan hari ini, pasar minyak akan terfokus pergerakkan dolar.

Secara teknis, harga minyak diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran $54.50 – $53.00.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages