Analisa Emas - 15 Februari 2016

kedaitrader.com - Pasar emas terkoreksi Cukup tajam pada sesi perdagangan Jum'at (12/2) setelah mencatatkan keuntungan tajam dalam 10 sesi perdagangan berturut-turut. Harga emas emas mencatatkan keuntungan sebesar 11.09% sejak kenaikan awal pada 28 Januari lalu.

Pada akjir pekan, harga eams terkoreksi setelah kehilangan daya pikat investor menjelang libur pasar Amerikap pada Senin (15/2) dalam rangka memperingati hari Presiden. Dan rebound dari beberapa pasar saham global telah menekan perdagangan pasar emas.

Dipasar emas spot, harga emas ditutup turun sebesar $8.50 atau 0.68% berakhir pada level $1,238.500 per troy ounce, setelah sebelumnya sempat diperdagangkan hingga setinggi $1248.110 dan serendah $1,232.320. Dalam sepekan lalu, pasar eams spot mencatatkan keuntungan sebesar $64.40 atau 5.49%.

Sementara Emas berjangka kontrak April sebagai kontrak teraktif saat ini menyelesaikan sesi perdagangan Kamis (11/2) dengan kerugian sebesar $8.40 atau 0.70% berakhir pada level $1,239.400 di divisi Comex New York Mercantile Exchange. Dalam sepekan lalu, harga emas kontrak April mencatatkan keuntungan sebesar $81.70 atau sekitar 7.06%.

Sementara itu, Index Dolar AS sebagai rival utama emas ditutup naik sebesar 40 poin atau 0.42% berakhir pada level 96.01, setelah sebelumnya sempat diperagangkan hingga setinggi 96.25 dan serendah 95.47.

Harga emas terkoreksi turun sejak awal sesi perdagangan Asia, tertekan oleh penguatan tajam index dolar AS dan harga minyak mentah dunia yang membantu rebound hampir diseluruh pasar saham global.

Penurunann tajam pada pasar minyak dalam sepekan lalu, telah membawa aliran safe-haven dipasar eams ditengah spekulasi perlambatan ekonomi global yang mendorong banyak sentral lakukan pemangkasan suku bunga secara serentak.

Sementara itu, hasil testimony Kepala Fed janet Yellen pada Rabu (10/2) lalu, dimana dirinya mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi global yang cenderung turun tajam sejak awal tahun akan mendorong Bank sentral untuk menunda kenaikan suku bunga telah menjadi dukungan besar bagi kenaikan pasar emas dalam sepekan lalu.

Memasuki sesi perdagangan pekan ini, melihat keuntungan yang besar yang terjadi dipasar emas menjadikan investor untuk berhati-hati pada kemungkinan koreksi besar dipasar emas.

Pada awal pekan ini, pasar emas akan ditutup lebih awal karena pasar Amerika ditutup dalam rangka memperingati hari Presiden. Pasar emas akan ditutup pada pukul 01.15 GMT+7 malam ini.

Hari ini, tidak ada berita ekonomi yang cukup besar yang akan menjadi fokus utama pasar. Hanya jadwal Press Conference Kepala ECB Mario Draghi yang akan menjadi pusat perhatian pasar pada pukul 21:00 GMT+7.




Lihat Rekomendasi Hari Ini >> XAUUSD Alert

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages