Analisa Emas - 28 Januari 2016

kedaitrader.com - Harga emas diperdagangkan volatile pada sesi perdagangan semalam, bergerak turun menjelang pertemuan FOMC Minutes AS dan seketika melonjak mencapai level tertinggi hariannya pada kisaran $1,127.950 setelah hasil pertemuan Fed dirilis.

Namun sayangnya keuntungan hanay bertahan sesaat – sebelum akhirnya harga eams kembali turun dan hanya mencatatkan keuntungan tipis dipasar emas spot.

Dipasar emas spot, harga emas ditutup naik sebanyak $$5.0 atau 0.45% berakhir pada level $1,124.900 per troy ounce, setelah sebelumnya sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,127.950 dan serendah $1,114.770. Dalam sepekan lalu, pasar eams spot mencatatkan keuntungan sebesar $9.60 atau 0.88%.

Sementara Emas berjangka kontrak Februari sebagai kontrak teraktif saat ini menyelesaikan sesi perdagangan Rabu (27/1) dengan kerugian sebesar $4.40 atau 0.40% berakhir pada level $1,115.400 di divisi Comex New York Mercantile Exchange. Dalam sepekan lalu, harga emas kontrak Februari mencatatkan keuntungan sebesar $5.60 atau sekitar 0.51%.

Sementara dipasar rival utamanya, Index Dolar AS diperdagangkan turun tipis hanya sebesar 3 poin atau 0.03% berakhir pada level 98.99, setelah sebelumnya sempat diperdagangkan hingga setinggi 99.18 dan serendah 98.72.

Selama sesi perdagangan berlangsung semalam, pasar emas hanya memanfaatkan momentum menjelang pertemuan Fed dini hari nanti yang diperkirakan akan cenderung melemahkan index dolar AS.

Dalam pertemuan Fed yang dirilis semalam, Fed meneteapkan suku bunga acuan Bank Sentral tetap pada level 0.50%.

Sementara dalam press conrefencenya - Fed mengungkapkan bahwa perumbuhan ekonomi AS telah melambat sejak pertemuan Fed pada Desember lalu, dan mengungkapkan bahwa inflasi tidak akan dengan cepat meningkat pada target 2%.

Komentar Fed tersebut telah membawa banyak investor perpikir bahwa Fed akan mulai menahan kenaikan suku bunga ditengah kondisi ekonomi global yang tidak menentu.

Merespon hal tersebut, index dolar AS anjlok kelevel terendahnya pada kisaran 98.72 namun kembali bergerak naik dan ditutup hanya dengan kerugian tipis.

Memasuki sesi perdagangan hari ini, pasar emas diperkirakan akan diperdagangkan pada volatilitas yang cukup besar dan masih akan merespon hasil pertemuan Fed semalam.

Dalam jadwal data ekonomi, Pasar akan terfokus pada data Durables Good Orders , Klaim Pengangguran dan Pending Home Sales AS sejak pukul 20:30 GMT+7.


Lihat Rekomendasi Hari Ini >> XAUUSD Alert

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages