Analisa Emas - 15 Januari 2016

kedaitrader.com - Pasar eams diperdagangkan anjlok pada sesi perdagangan semalam (14/1) mencatatkan kerugian yang cukup besar setelah banyak investor mulai beralih berspekulasi dipasar saham memanfaatkan momentum penguatan harga minyak.

Pasar emas kembali kurang diminati, ditengah rebound tipis harga minyak yang membawa perdagangan pasar global anjlok sejak awal tahun ini.

Pada sesi perdagangan Kamis (14/1), harga emas spot ditutup turun sebanyak $15.00 atau 1.37% berakhir pada $1,078.300, setelah sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,095.170 dan serendah $1,071.350. Dalam pekan lalu, harga emas spot mencatatkan keuntungan sebesar $43.60 atau 4.11%.

Sementara Emas berjangka kontrak Februari sebagai kontrak teraktif saat ini menyelesaikan sesi perdagangan Kamis (14/1) dengan kerugian sebesar $13.50 atau 1.20% berakhir pada level $1,73.600 di divisi Comex New York Mercantile Exchange. Dalam sepekan lalu, harga emas kontrak Februari mencatatkan keuntungan sebesar $37.70 atau sekitar 3.50%.

Crude Oil (Februari) ditutup naik sebanyak 65 sen atau 2.13% berakhir pada level $31.21 per barrel di Divisi New York Mercantile Exchange.

Harga emas terkoreksi turun sejak awal sesi perdagangan Asia kemarin, namun cnderung flat jelang pertemuan beberapa pertemuan bank sentral sepanjang sesi perdagangan berlangsung.

Pada pertemuan yang berlangsung, Bank Of England menetapkan suku bunga tetap pada level 0.50% salaam periode Januari. Dan menetapkan program QE tetap pada kisaran 375 miliar.

Sementara dari pertemuan ECB dalam pertemuan ECB yang berlangsung semalam. pasar tidak merespon besar menyusul tidak adanya statement yang memberikan pandangan perekonomian eropa yang lebih jauh.

Memasuki sesi perdagangan hari ini, pasar emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran yang cukup besar, menyusul perdagangan akhir pekan. Pasar saham Amerika yang akan ditutup pada sesi perdagangan Senin mendatang dalam rangka memperingati Martin Luther King, Jr. Day akan membawa banyak investor untuk keluar dari pasar.

Pada sesi perdagangan Amerika hari ini, pasar akan terfokus pada data Producer Price Index AS yang akan dirilis pada pukul 20:30 GMT+7 bersama dengan data Retail Sales AS.

Masing-masing data ini, diperkirakan akan dirilis lebih buruk dari periode sebelumnya berdasarkan survey sementara. Jika masing-masing memang dirilis lebih buruk , maka pasar emas berkesempatan kembali menerima dukungan pasar investor dalam akhir pekan ini.



Lihat Rekomendasi Hari Ini >> XAUUSD Alert

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages