Analisa Emas - 10 Desember 2015

kedaitrader.com - Pasar emas diperdagangkan menguat tajam pada awal sesi perdagangan Rabu (9/12) namun kembali berangsur turun dan kembali ditutup pada kisaran negative ditengah kuatnya faktor fundamental AS yang terus meningkatkan spekulasi kenaikan suku bunga Fed.

Pasar emas ditutup turun meski index dolar AS ditutup anjlok kembali berada pada kisaran 97 pada akhir sesi perdagangan semalam.

Harga Emas spot menyelesaikan sesi perdagangan Rabu (9/12) dengan kerugian sebesar $2.10 atau 0.20% berakhir pada level $1,072.000, setelah sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,085.220 dan serendah $1,069.320. Dalam sepekan lalu, harga emas spot mencatatkan keuntungan sebesar $27.42 atau 2.69%.

Emas berjangka kontrak Februari sebagai kontrak teraktif saat ini menyelesaikan sesi perdagangan Rabu (9/12) dengan kerugian sebesar $1.20 atau 0.1% berakhir pada level $1,076.500 per ounce di Divisi Comex New York Mercantile Exchange. Dalam sepekan lalu, harga emas kontrak Februari mencatatkan keuntungan sebesar $27.90 atau sekitar 2.64%.

Selama sesi perdangan Rabu (9/12) tidak ada fundamental data yang dirilis dengna hasil yang berdampak besar, namun pasar diperdagangkan cenderung volatile melihat faktor fundamental keselurhan dari perekonomian AS yang kembali meningkatkan spekulasi pasar bahwa Fed akan menaikkan suku bunga acuan pada pertemuan FOMC Minutes AS pada 15-16 Desember mendatang.

Namun yang terjadi semalam, speculator pasar nampaknya cenderung memanfaatkan momentum untuk melakukan aksi beli dipasr rival utama dolar ditengah pelemahan tajam index dolar AS menjelang pertemuan FOMC pada pekan depan.

Pasar emas yang awal sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,085.220 , seketika turun dan kembali ditutup pada ksiaran $1,072.000.

Memasuki seis perdagangan hari ini, pasar emas nampaknya akan kembali diperdagangkan pada volatilitas yang besar. sama dngan sesi perdagangan sebelumnya – pasar emas berpotensi menguat diawal sesi perdagangan Asia hingga Eropa namun beresiko kembali mendekati level pembukaan hariannya pada sesi perdagangan pasar Amerika.

Memasuki seis perdagangan Kamis (10/12) pasar akan mulai terfokus pada sederetan data ekonomi dan pertemuan Bank Sentral Dunia.

Pertemuan Bank Sentral Swiss dan jadwal press conference Kepala SNB akan menjadi fokus pasar pada sesi perdagangan Eropa pukul 15:30 GMT+7. Level swiss yang dianggapterlalu lemah seiring dengan penguatan Dolar akan menbawa pertemuan ini menjadi fokus pasr global karena investor mengantisipasi adanya kemungkinan ontervensi dari pemerintahan Swiss.

Pada pukul 19:00 GMT+7 pertemuan Bank Sentral Inggris akan menjadi fokus berikutnya oleh pasar global, diikuti dengan jadwal data Klaim Pengangguran AS pada pukul 20:30 GMT+7.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages