Analisa Emas - 1 Desember 2015

kedaitrader.com - Harga emas diperdagangkan menguat pada sesi perdagangan awal pekan rebound dari level terendah sejak Februari 2010 lalu. menandai keuntungan tajam diakhir periode November menyusul disetujuinya Yuan sebagai salah satu mata uang utama dunia oleh IMF.

Harga Emas spot menyelesaikan sesi perdagangan Senin  (30/11) dengan keuntungan sebesar $7.90 atau 0.75% berakhir pada level $1,064.000, setelah sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,069.600 dan serendah $1,053.070 Dalam sepekan lalu, harga emas spot mencatatkan kerugian sebesar $20.60 atau 1.91%.

Emas berjangka kontrak Desember sebagai kontrak teraktif saat ini menyelesaikan sesi perdagangan Senin (30/11) dengan keuntungan sebesar $9.6 atau 0.90% berakhir pad level $1,065.800 per ounce di Divisi Comex New York Mercantile Exchange. Dalam sepekan lalu, harga emas kontrak Desember mencatatkan kerugian sebesar $20.10 atau 1.87%.

Selama periode November emas spot dan emas berjangka mencatatkan kerugian tajam yakni masing-masing sebesar $81.50 (7.12%) dan $81.50 (7.10%).

Selama sesi perdagangan awal pekan emas cukup diuntungkan oleh hasil pertemuan IMF yang menyetujui Yuan sebagai salah satu mata uang utama dunia pada urutan ke-3 setelah Dolar dan Euro.

Keputusan ini sentak membawa pasar emas cukup diuntungkan karena bergabung mata uang China sebagai salah satu mata uang utama dunia diharapkan akan membawa perekonomian China semakin membaik.

Berita ini cukup direspon baik oleh banyak investor dan pasr komoditas pada khususnya karena China sebagai konsumen komoditas terbesar didunia.

Meamsuki sesi perdagangan hari ini, pasar emas nampaknya masih akan merespon cukup baik diangkatnya Yuan sebagai Reserve Currency. Emas berpotensi naik setidaknya hingga menjelang data ADP Employment AS besok malam.

Jadwal press conference Member FOMC Evan akan menjadi fokus utama pasar pada malam nanti pukul 00:45 GMT+7.

Dalam pekan ini, pasar nampaknya akan diperdagangkan pada volatilitas pasar yang sangat besar mengingat banyaknya data dan jadwal komentar para pertinggi bank sentral dalam pekan ini.

Data Ketengakerjaan AS, Jadwal Press Konference Janet Yellen dan pertemuan Bank Sentral Eropa akan menjadi fokus utama pasar minggu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages