Analisa Emas - 23 Oktober 2015

kedaitrader.com - Harga emas ditutup doji dan diperdagangkan pada kisaran yang sempit, menyusul besarnya aliran negative dan positif yang saling berimbang menyusul sederetan hasil data AS yang dirilis lebih baik dan juga hasil pernyataan Kepala ECB Draghi yang berjanji akan memberikan stimulus tambahan pada pertemuan Desember mendatang.

Emas spot menyelesaikan sesi perdagangan Kamis (22/10) dengan kerugian sebesar 90 sen atau 0.08% berakhir pada level $1,165.900, setelah sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,171.657 dan serendah $1,162.630.

Sementara Emas berjangka kontrak Desember sebagai kontrak teraktif saat ini menyelesaikan sesi perdagangan Kamis (22/10) dengan kerugian sebesar $1 atau 0.1% berakhir pada level $1,166.100 per ounce di Divisi Comex New York Mercantile Exchange.

Selama sesi perdagangan semalam, pasar emas seharusnya cukup tertekan dengan hasil sederetan data AS yang dirilis jauh lebih baik selama periode September.

Dimana data Klaim Penangguran AS dirilis turun pada kisaran 255K pekan lalu, data dirilis lebih baik dari perkiraan dan data sebelumnya pada 265K (F) dan 259K (P).

Dari sector perumahan data Exisitng Home Sales AS dirilis naik sebanyak 4.7% menjadi 5.55M, data drilis lebih baiak dari perkiraan dan data sebelumnya pada 5.38M (F) dan 5.31M (P).

Penurunan pada harga emas nampaknya cukup tertahan setelah menerima dukungan yang cukup positif dari pernyataan Kepala ECB yang mengungkapkan adanya rencana penambahan stimulus QE pada pertemuan Desember mendatang.

Draghi mengungkapkan bahwa QE akan diteruskan hingga September 2016 dan atau akan tetap dilakukan jika memang dibutuhkan, setidaknya hingga target inflasi ECB sudah tercapai.

Adanya rencana stimulus ECB ini cenderung mengalihkan perhatian banyak investor yang melihat danya potensi peningkatan cadangan emas oleh ECB selama program QE berlangsung, dan hal ini yang mendorong penurunan pada harga eams cenderung kecil selama sesi perdagangan semalam.

Selama sesi perdagangan berlangsung semalam, emas justru naik bertahan meski index dolar AS diperdagangkan menguat tajam. Index dolar AS ditutup naik sebanyak 129 poin atau 1.34% berakhir pada level 96.33, setelah sempat diperadgangkan hingga setinggi 96.36 dan serendah 94.93.

Memasuki seis perdagnagan hari ini, pasar emas akan terfokus pada sederetan data PMI Manufaktur Eropa dan Amerika. Data Eropa akan dimulai dirilis pada pukul 14:00 GMT+7 ,sementara PMI Manufaktur AS akan dirilis pada pukul 20:45 GMT+7.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages