Analisa Emas - 31 Agustus 2015

kedaitrader.com - Harga emas ditutup campuran selama sesi perdagangan Jum'at (28/8) - diperdagangkan pada kisaran yang tidak terlalu besar menimbang setiap perkembangan yang terjadi dipasar selama pertemuan tahunan Jackson Hole digelar sejak Jum'at.

Dalam sepekan terkahir, harga emas mencatatkan kerugian cukup besar setelah sempat melonjak pada pekan sebelumnya menyusul tingginya minat safe0haven ditengah kepanikan pasar atas ancaman perlambatan ekonomi global.

Pasar emas spot menyelesaikan sesi perdagangan Jum'at (28/8), dengan keuntungan sebesar sebesar $7.60 atau 0.68% berakhir pada level $1,132.600 per troy ounce, setelah sebelumnya sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,1140.723 dan serendah $1,123.667. Dalam sepekan lalu, Pasar emas spot mencatatkan kerugian sebesar $27.30 atau 2.36%.

Sementara Emas berjangka kontrak Desember sebagai kontrak teraktif saat ini menyelesaikan sesi perdagangan Jum'at (28/8) dengan keuntungan sebesar $11.40 atau 1.0% berakhir pada level $1,134.000 per ounce di Divisi Comex New York Mercantile Exchange. Dalam sepekan lalu, Emas kontrak Desember mencatatkan kerugian sebesar $37.90 atau 3.67%.

Selama sesi perdagangna akhir pekan, harga emas diperdagankan pada kisaran yang sempit – diawal sesi perdagangan AS pasar hanya terfokus pada hasil data Personal Income AS yang dirilis naik sebanyak 0.4% selama periode Juli, data dirilis sesuai dengan perkiraa dan data sebelumnya pada 0.4% (F) dan 0.4% (P).

Sementara Data Personal Spending AS dirilis naik sebanyak 0.3% selama peridoe Juli, data dirilis lebih rendah dari perkiraan dan data sebelumnya pada 0.4% (F) dan 0.3% (P).

Harga emas diperdagangkan sedikit lebih tinggi, tertahan oleh keuntungan yang juga terjadi pada saat yang bersamaan. Index dolar AS diperdagangkan melonjak merespon beberapa hasil pernyataan Member Fed Fisher dan Lockhart selama sesi perdagangan Jum'at.

Dalam statement yang dilontarkan masing-masing mengindikasi adanya perubahan suku bunga pada tahun ini, namun membang tidak memberikan signal kapan kenaikan akan dilakukan. 

Fisher mengungkapkan bahwa perkembangan data ekonomi dalam dua pekan sebelum pertemuan FOMC September akan menjadi acuan Fed dalam mengambil keputusan.

Memasuki sesi perdagangan hari ini, pasar emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran yang sempit. Volatilitas pasar nampaknya akan terjadi disesi perdagangan Erpa pada pukul 14:00.

Emas diperkirakan akan berada pada kisaran yang sempit karena tidak ada jadwal data ekonomi disesi perdagangan AS malam nanti.

Pada pekan ini, data ketenagakerjaan AS akan jadi fokus utama pasar global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages