Slider

Recent Tube

Latest News

Report

Emas

Forex

Kamus Mini

Galery

» » » » Analisa Emas - 13 Juli 2015

kedaitrader.com - Emas cenderung diprrdagangkan pada kisaran yang sempit selama sesi perdagangan akhir pekan mencatatkan kerugian tipis meski Kepala Fed Janet Yellen ungkapkan suku bunga AS mungkin akan satu kali pada tahun ini dan akan terjadi kenaikan selanjutnya pada awal tahun 2016 mendatang.

Emas hanya diperdagangkan pada kisaran yang kecil karena investor kembali mencerna dukungan yang kuat bagi pasar emas, meski seharusnya investor merespon positif kemungkinan mundurnya suku bunga AS. Namun pasar nampaknya enggan berspekulasi jelang pertemuan Yunani pada Minggu.

Pasar Emas spot menyelesaikan sesi perdagangan Jum'at (10/7), dengan keuntungan sebesar $4.20 atau 0.12% berakhir pada level $1,163.00 per troy ounce, setelah sebelumnya sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,165.290 dan serendah $1,157.360. Dalam sepekan lalu, Emas catatkan keuntungan sebesar $2.20 atau 0.19%.

Sementara Emas berjangka kontrak Agustus sebagai kontrak teraktif saat ini menyelesaikan sesi perdagangan Jum'at (10/7) dengan kerugian sebesar $1.30 atau 0.1% berakhir pada level $1,157.90 per ounce di Divisi Comex New York Mercantile Exchange. Dalam sepekan lalu, emas berjangka catatkan kerugian sebesar $11.40 atau 0.97%.

Selama sesi perdagangan akhir pekan , emas seharusnya menerima sentiment yang cukup positif menyusul memudarnya rencana kenaikan suku bunga AS menyusul hasil press conference Kepala Fed Janet Yellen.

Yellen mengungkapkan bahwa suku bunga AS direncanakan untuk satu kali mengalami kenaikan awal pada tahun ini, dan akan disusul dengan kenaikan selanjutnya pada awal tahun 2016.

Hal ini, nampak berbeda dengan rencana Fed sebelumnya yang berencana menaikkan suku bunga sebanyak dua kali pada akhir tahun ini, seperti yang diungkapkan dalam beberapa pertemuan FOMC sebelumnya.

Yellen mengungkapkan bahwa kondisi eksternal China dan Yunani menjadi salah satu faktor terbesar bagi ekonomi Global.

Dari Yunani dalam pertemuan akhir pekan, pemerintah nampaknya masih belum menerima kesepakatan bailout. Hal ini mendorong pasar nampak cukup tenang memasuki sesi perdagangan awal pekan ini. Namun demikian, investor diharapkan berantisipasi dan mengikuti perkembangan yang terjadi seputar Yunani.

Jika terdapat kesepakatan yang tak terduga hari ini, maka pasar emas berpotensi bergerak pada volatilitas yang besar, jika terjadi penurunan ataupun kenaikan nampaknya hanya akan terbatas pada kisaran yang tidak besar namun flutuatif, karena dolar akan cukup lemah menyusul laporan tersebut dan emas juga akan sedikit kehilangan aliran safe-haven.

Hari ini, pertemuan Uni Eropa akan kembali digelar pada pukul 20:00 GMT+7 dan akan menjadi satu-satunya fokus pasar.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply