Slider

Recent Tube

Latest News

Report

Emas

Forex

Kamus Mini

Galery

» » » » Analisa Emas - 29 Juni 2015

kedaitrader.com - Pasar emas dibuka gap naik pagi ini, menyusul laporan menolakan perpanjangan bailout Yunani selam satu bulan kedepan oleh Uni Eropa. Yunani yang juga menunda refendum pemungutan suara kesepakatan bailout hingga 5 juli mendatang mendorong investor melihat bahwa Yunani akan gagal lakukan pembayaran hutang pada 30 Juni mendatang.

Menyusul banyak peristiwa global selama akhir pekan lalu, membawa aliran safe-haven meningkat pada pasar emas hari ini.

Pagi ini, pasar emas spot dibuka gap naik pada kisaran $1,183.810 , setelah pasar emas Spot menyelesaikan sesi perdagangan Jum'at (26/6), dengan keuntungan sebesar $1.30 atau 0.11% berakhir pada level $1,173.700 per troy ounce, setelah sebelumnya sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,178.560 dan serendah $1,174.270. Dalam sepekan lalu, Emas catatkan kerugian sebesar $27.30 atau 2.3%.

Sementara Emas berjangka kontrak Agustus sebagai kontrak teraktif saat ini menyelesaikan sesi perdagangan Jum'at (26/6) dengan kerugian sebesar $1.40 atau 0. 01% berakhir pada level $1,173.200 per ounce di Divisi Comex New York Mercantile Exchange. Dalam sepekan lalu, emas berjangka catatkan kerugian sebesar $28.80 atau 2.45%.

Emas cenderung diperdagangkan flat sealam sesi perdagangan akhir pekan lalu, karena banyak investor menunggu pertemuan Uni Eropa – Yunani – IMF pada akhir pekan.

Selama pertemuan yang dilakukan sejak Jum'at malam, menunjukkan bawha Yunani akan melakukan referendum pemungutan suara kesepakatan bailout pada 5 Juli mendatang. Hal ini memicu keyakinan bahwa pembayaran hutang yang seharusnya dilakukan pada 30 Juni akan mundur dan Yunani dikatakan "Default".

Kebangkrutna yang terjadi dipemerintahan Yunani, mendorong menurunnya kepecayaan investor terhadap Uni Eropa dan Yunani sendiri, mendorong aliran penarikan dana dari bank-bank local Yunani meningkat tajam. 

Hari ini (29/6) masing-masing perbankan Yunani juga terpaksa ditutup untuk menghidari kebangkrutan masal.

Dari sisi benua lainnya, China secara tak terduga kembali menurunkan suku bunga bank sentral sebanyak 25 Bps pada Sabtu (27/6) menjadi 4.85% level terendah. Sentiment ini juga semakin mendorong investor untuk beralih pada asset safe-haven seperti emas dan dolar.

Memasuki sesi perdagangan hari ini, ems berpotensi begerak lebih rendah menutupgap awal perdagangan dan berpotensi kembali naik pada kisaran $1,190.00 $1,200.00.

Minggu ini, beberapa data ketenagakerjaan AS akan menjadi fokus pasar global, Data Nom-Farm Payrolls AS akan dirilis lebih awal pada Kamis (2/6) menyusul ditutupnya pasar AS dalam rangka "Independence Day".

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply