Analisa Emas - 13 April 2015

kedaitrader.com - Emas diperadgangkan menguat tajam pada sesi perdagangan akhir pekan, mencatatkan keuntungan yang sangat signifikan meski indeks dolar AS juga diperagangkan naik , stabil diatas level 99.00.

Kejelasan atas rencana kenaikan suku bunga AS pada Juni mendatang telah membawa sentiment yang berbeda bagi pasar emas. Investor nampaknya sudah mulai mengantisipasi kenaikan suku bunga mendatang dengan mencoba berspekulasi sebelum akhirnya pasar emas kembali terkoreksi tajam pada saat pengumuman tersebut dirilis.

Pada sesi perdagangan Jum'at (10/4), Emas spot menyelesaikan sesi perdagangan dengan keuntungan sebesar $14.10 atau 1.18% berakhir pada level $1,208.10 per troy ounce, setelah sebelumnya sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,210.620 dan serendah $1,193.170. Dalam sepekan lalu, Emas catatkan keuntungan sebesar $560 atau sekitar 0.47%.

Emas berjangka kontrak Juni sebagai kontrak teraktif saat ini menyelesaikan sesi perdagangan Jum'at (10/4) dengan keuntungan sebesar $11.00 atau 0.90% berakhir pada level $1,204.600 per ounce di Divisi Comex New York Mercantile Exchange. Dalam sepekan lalu, emas berjangka catatkan keuntungan sebesar $3.7 atau 0.31%.

Selama sesi peradgangan akhir pekan, pasar sepi dari jadwal data ekonomi hariannya dan pasar hanya cenderung memanfaatkan fluktuasi Dolar. Pasar yang melihat adanya optimisme terhadap kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve AS, nampaknya memanfaatkan momentum-momentum akhir untuk dapat berspekulasi dipasar emas. Sebelum akhirnya pasar akan menerima tekanan turun yang cukup kuat ketika perubahan suku bunga AS terjadi pada Juni Mendatang.

Sejauh ini, investor diharapkan untuk tetap berhati-hati dan tidak terpaku pada kenaikan emas yang terjadi bersamaan dengan kenaikan Dolar. Korelasi yang searah ini, nampaknya hanya akan bersifat sementara. Dan dapat kembali pada korelasi normal.

Memasuki sesi perdagnagan hari ini, emas diperkirakan berpotensi untuk rebound atau mencoba bergerak lebih tinggi. Minimnya data yang data yang akan dirilis selama sesi perdagangan hari ini akan menjadi momentum investor untuk berspekulasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages