Analisa Emas - 17 Februari 2015

kedaitrader.com - Emas kembali ditutup lebih tinggi dan mengawali keuntungan yang tidak terlalu buruk meski pasar AS ditutup dalam rangka "President Day" semalam. Emas menerima dukungan karena investor nampak gelisah menunggu hasil pertemuan Yunani dan Troika kemarin yang masih belum memberikan hasil yang signifikan.

Emas spot menyelesaikan sesi perdagangan Senin (16/2) dengan keuntungan sebesar 23 sen atau 0.02% berakhir pada $1,227.670 per troy ounce, setelah sebelumnya sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,236.540 dan serendah $1,227.670 Dalam sepekan lalu, Emas catatkan kerugian sebesar $5.40 atau 0.44%. 

Emas berjangka kontrak April sebagai kontrak teraktif saat ini menyelesaikan sesi perdagangan Senin (16/2)  dengan keuntungan sebesar $4.30 atau 0.3% berakhir pada level $1,231.400 per ounce di Divisi Comex New York Mercantile Exchange. Dalam sepekan lalu, emas berjangka catatkan kerugian sebesar $7,50 atau 0.61%.

Fundamental Analysis

Kegelisahan banyak investor cukup mampu membawa pasar emas bergerak lebih tinggi semalam. Pertemuan yang masih belum memberikan kesepaktan mutlak bagi Yunani telah menimbulkan banyak ketakutan dikalangan investor yang akhirnya membawa aliran safe-haven pada emas.

Meski belum secara resmi diumumkan, namun beberapa menyebutkan bawha petemuan telah medekati kesepaktan tengah bagi Yunani dan Troika. Hingga saat ini terlihat bahwa keinginan Yunani untuk keluar dari Uni Eropa masih besar dan Yunani tengah mencoba mecari pendanaan sementara hingga ekonomi Negara telah kembali pulih.

Memasuki sesi perdagangan hari ini, Pasar XAU/USD diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran yang lebih besar. kembali dibukanya pasar Amerika setelah ditutup dalam rangka “President Day” akan mendorong volume pasar membesar. Dari berita fundamental, pasar emas mungkin akan mulai bergerak pada kisaran yang cukup besar jika pertemuan Yunani kaliini memberikan hasil yang mampu direspon pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages