Analisa Emas - 4 Desember 2014

kediatrader.com - Emas menguat dan kembali diperdagangkan diatas level $1,200.00 per troy ounce. spekulasi dipasar emas meningkat tajam ditengah kondisi ekonomi global yang cenderung melemahdan mendorong banyak Bank Sentral berlomba melakukan kebijakan moter untuk mulai merangsang pertumbuhan ekonomi nya.

Emas berjangka kontrak Februari sebagai kontrak teraktif saat ini menyelesaikan sesi perdagangan Rabu (3/12) dengan keuntungan sebesar $9.30 atau 0.8% berakhir pada $1,208.70 per ounce di Divisi Comex New York Mercantile Exchange.

Dipasar Spot, harga emas ditutup naik sebesar $11.70 atau 0.98% berakhir pada level $1,209.20 per troy ounce, setelah sebelumnya sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,215.010 dan serendah $1,194.390. Selama sepekan lalu, emas spot mencatatkan kerugian tajam sebesar $32.62 atau 2.79%.


FUNDAMENTAL ANALISIS


Emas bergereak lebih tinggi bersama dengan keuntungan tajam indeks dolar AS meski biasanya masing-masing bergerak tidak searah. Dolar menguat tajam menembus level tertinggi sejak Maret 2009, karena ekonomi Amerika sudah mulai bertumbuh diakhir tahun ini, meski sebagian besar Negara justru mengalami pelemahan yang cukup signifikan seperti China, Eropa dan Rusia.

Memasuki sesi perdagangan hari ini, emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran yang sama seperti hari sebelumnya. Pertemuan ECB dan BOE akan jadi fokus pasar dipertengahan sesi Eropa dan data Klaim Pengangguran AS di sesi Pembukaan pasar Amerika.

Pertemuan ECB nampaknya akan jadi faktor yang paling dominan hari ini. Jadwal Press Conference Kepala ECB Mario Draghi akan dinanti oleh banyak investor terlebih seputar pernyataannya tentang kebijakan moneter.

Pada perdagangan berikutnya, pasar global akan terfokus pada data Non-Farm Payrolls (5/12). 

TECHNICAL ANALISIS

Secara teknis, setelah hampir satu bulan bertahan diatas level $1,180 per troy ounce emas kembali melemah karena kehilangan faktor fundamental yang mampu membawa harga emas bergerak lebih tinggi. Meski emas kembali diperdagangkan menguat tajam selam sesi perdagangan kemarin, namun ini belum nampak bahwa emas akan bertahan diatas level $1,200 secara terus menerus.

Emas masih kembali menguji level terendah bulan lalu pada $1,131 jika data ADP dan NFP AS dirilis dengan hasil yang cukup baik dan emas tak mampu menembus level $1,230.00. 

Pada pola teknikal jangka panjang tetap menunjukkan adanya kemungkinan emas berada pada kisaran $984 per troy ounce – setidaknya pada tahun mendatang. 

Dalam trend Jangka panjang berdasarkan grafik bulanan, telah terbentuk pola triangle – dimana jika harga mampu menguji dan menembus level supports $1,180.00 maka emas berpotensi melanjutkan penurunan hingga target jangka panjang pada kisaran $926.70 - $984.00, setidaknya pada tahun mendatang.

Memasuki sesi perdagangan hari ini, emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran $1,222.30 - $1,201.50. Dimana penembusan masing-masing batas atas (resistance) dan batas bawah (support) akan menentukan trend selanjutnya pada pasar emas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages