Analisa Emas - 5 September 2014

Emas ditutup lebih rendah selama sesi perdagangkan Kamis (4/9) setelah sempat diperadgangkan menguat hingga $1,277.10. emas anjlok setelah imdeks dolar AS terus menguat mencapai level tertinggi sejak Juli setelah ECB menurunkan suku bunga acuan Bank Sentral pada level terendah.

Emas berjangka kontrak Desember menyelesaikan sesi perdagangan Kamis (4/9) dengan kerugian sebesar $5.30 atau 0.40% berakhir pada $1,265.30 per troy ounce di Divisi Comex New York Mercantile Exchange. 

Dipasar Spot, harga emas ditutup turun sebesar $8.30 atau 0.65% berakhir pada $1,261.70, setelah sebelumnya sempt diperdagangkan hingga setinggi $1,277.10 dan serendah $1,260.40.

FUNDAMENTAL ANALISIS

Pasar emas menerima aliran safe-haven selama sesi perdagangan Eropa setelah ECB menempatkan suku bunga pada level terendah pada 0.05%. emas menguat tapada level $1,277.10 bersama dengan indeks dolar AS yang juga menguat hmendekati level 84.00 tertinggi sejak Juli tahun lalu.

Sayang keuntungan pada emas tidak mampu bertahan lama namun juga tidak mengalami penurunan yang cukup tajam.

Dalam pertemuan banyak Bank Sentral kemarin, Bank Senrtral Eropa (ECB ) merupakan Bank yang sangat ditunggu pasar. Terlebih setelah ECB berencana untuk meluncurkan program pembelian Aset.

ECB menurunka suku bungan sebesar 0.1% menjadi 0.05% dan menegaskan bahwa ECB akan segera meluncurkan program pembelian Aset yang mungkin akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

Dalam press conferencenya ECB menurunkan target pertumbuhan ekonomi Eropa menjadi 0.5% dari 0.7% pada perkiraan sebelumnya.

Sementara, dari pertemuan BOE dan BOJ masing-masing meneteapkan suku bunga tidak berubah pada 0.50% (BOE) dan 0.10% (BOJ).

Memasuki sesi perdagangan hari ini, perilaku pasar diperkirakan akan menjadi sangat volatile sama seperti sesi perdagangan kemarin. Pada sesi perdagangan AS pasar akan terfokus pada data Non-Farm Payrolls AS yang diperkirakan akan dirilis pada angka yang lebih tinggi yakni pada 225.000 selama periode Agustus. Jika data dirilis dengan hasil yang lebih baik maka sentiment pasar akan membawa emas bergerak lebih rendah.

TECHNICAL ANALISIS

Secara teknis, harga emas diperkirakan akan bertahan dibawah level $1,300.00 per troy ounce. Dengan banyak fokus pasar pada sesi perdagangan hari ini. Emas nampak kesulitan untuk kembali diperdagangkan diatas level $1,300.00 per trouy ounce minggu lalu diperkirakan akan membawa emas stagnan pada level saat ini.

Perhatikan level support Emas terdekat pada $1,256.40, jika harga mampu bergerak dibawah level tersebut maka emas berpotensi bergerak pada kisaran $1,249.50.

Memasuki sesi perdagangan hari ini, emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran $1,278.00 - $1,264.00. Dimana penembusan masing-masing batas atas (resistance) dan batas bawah (support) akan menentukan trend selanjutnya pada pasar emas.




For Medium Or Long Term Recommendation, Fundamental and Technical Analysis you can SUBSCRIBED as Platinum Members of Kedai Trader

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages