Analisa Emas 24 September 2014

kedaitrader.com - Emas diperdagangkan menguat, rebound mencapai level tetinggi hariannya pada $1,236.15 sebagai aksi profit taking oleh para investor menyusul terkoreksi Dolar AS dati lebel tingginya sejak Juli.

Emas berjangka kontrak Desember menyelesaikan sesi perdagangan Selasa (23/9) dengan keuntungan sebesar sebesar $4.10 atau 0.30% berakhir pada $1,222.00 per troy ounce di Divisi Comex New York Mercantile Exchange.

Dipasar Spot, harga emas naik sebesar $8.00 atau 0.66% berakhir pada $1,223.50, setelah sebelumnya sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,236.15 dan serendah $1,214.10.

Indeks Dolar AS diperdagangkan melemah selama sesi pergangan Asia mencapai level terendahnnya pada 84.37, namun kembali beranjak naik dan ditutup 1 pips lebih tinggi dari sesi perdagangan sebelumnya berakhir pada level 84.73. Sebelumnya indeks dolar AS sempat diperdagangkan hingga setinggi 84.77 dan serendah 87.37.

FUNDAMENTAL ANALISIS

Emas rally, memanfaatkan momentum penurunan dolar selama sesi perdagangan berlangsung kemarin (23/9). Investor nampak jeli melihat sedikit peluang ditengah tekanan besar dari perlemahan ekonomi China dan spekulasi kenaikan suku bunga AS dalam waktu dekat.

Kenaikan pada pasar emas juga didukung oleh data perumahan AS yang dirilis dengan hasil yang tidak terlalu baik. Dari data yang dirilis menunjukkan bahwa rata-rata harga perumahan AS naik sebesar 4.4% selama periode Agustus, peningkatan yang lebih rendah dari periode Agustus tahun lalu yakni pada 5.1%.

Dibandingkan dengan periode Juli, harga rata-rata perumahan AS naik hanya sebesar 0.1%, lebih rendah dari perkiraan dan data sebelumnya pada 0.4% (F) dan 0.3% (P).

Memasuki sesi perdagangan hari ini, pasar emas hanya akan terfokus pada data penjualan rumah baru di AS yang diperkirakan akan mencatatkan kenaikan yang cukup signifikan pada periode Agustus yakni dengan kenaikan sebesar 4.4%.

Perlu diwaspadai bahwa dalam beberapa data perumahan sebelumnya (Exisitng Homes Sales dan Pending Home Sales) data menunjukkan hasil yang tidak terlalu baik. Jika data News Homes Sales AS dirilis dibawah dari perkiraan pasar pada 4.4% makan data akan direspon buruk oleh para investor dan akan memberikan dukungan pada harga emas untuk dapat bergerak lebih tinggi. Data ini akan dirilis pada pukul 21.00 GMT+7 malam nanti.

TECHNICAL ANALISIS

Secara teknis, harga emas berpotensi mengejar level support kuatnya pada $1,180 yang merupakan level terendah sejak tahun lalu. terlebih jika Federal Reserve AS mengakhiri program QE pad Oktober mendatang dan menaikkan suku bunga sesegera mungkin.

Memanfaatkan momentum, menjelang berakhirnya QE AS pada Oktober maka emas berpotensi rebound pada kisaran $1,243.70. Perhatikan level support terdekat emas pada $1,207.40, jika harga mampu bergerak dibawah level tersebut maka emas berpotensi bergerak pada kisaran $1,194.00.

Sementara level Resistance emas yang cukup kuat berada pada level $1,228.50, dengan potensial target emas pada $1,236.30.

Memasuki sesi perdagangan hari ini, emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran $1,236.30 - $1,207.40. Dimana penembusan masing-masing batas atas (resistance) dan batas bawah (support) akan menentukan trend selanjutnya pada pasar emas.



For Medium Or Long Term Recommendation, Fundamental and Technical Analysis you can SUBSCRIBED as Platinum Members of Kedai Trader

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages