Analisa Emas - 8 Agustus 2014

kedaitrader.com - Harga emas diperdagangkan menguat tajam selama sesi perdagangan AS semalam setelah sanksi baru Rusia atas larangan import bahan baku terhadap Amerika dan Uni Eropa dirilis semalam. Data klaim pengangguran AS yang dirilis dengan hasil yang cukup baikpun nampaknnya tidak mamapu membawa sentiment pasar berbalik menjadi negative.

Emas berjangka kontrak Desember sebagai kontrak teraktif saat ini, menyelesaikan sesi perdagangan Kamis (7/8) dengan keuntungan sebesar $4.30 atau 0.3% berakhir pada $1,312.50 per ounce di Divisi Comex New York Mercantile Exchange.


Dipasar spot harga emas ditutup naik sebesar $7.60 atau 0.58% berakhir pada $1,314.50, setelah sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,314.90 dan serendah $1,301.75.

FUNDAMENTAL ANALISIS

Pasar emas diperdagangkan volatile selama sesi perdagangan kemarin. Harga emas menguat memasuki sesi perdagangan AS setelah sanksi baru Rusia atas larangan import bahan baku terhadap Amerika dan Uni Eropa dirilis. 

Rusia melansir daftar baru larangan import sebagai balasan atas sanksi keras yang diberikan EU dan Amerika terhadap Rusia atas ketegangan yang terjadi di Ukraina. 

Dalam sanksi terbaru Rusia juga melarang penerbangan Ukraina memasuki kawasan (transit) Azerbaijan, Georgia, Armenia dan Turki. Selain itu, Rusia juga tengah mempertimbangkan untuk memberlakukan larangan penerbangan bagi AS dan EU untuk memasuki kawasan Siberia (Transit) dalam perjalanan udara ke Asia. 

Sementara itu, dalam data ekonomi yang dirilis semalam, klaim pengangguran AS dirilis turun tajam menjadi 289K dari 303.K ppada periode minggu lalu. angka ini juga dirilis jauh lebih rendah dari perkiraan pasar pada 305K.

Dari Eropa, pertemuan Bank Sentral Eropa dan Bank Sentral Inggris masing-masing menetapkan kebijakan moneternya tidak berubah. Dengan tingkat suku bunga masing-masing Bank berada pada 0.15% (ECB) dan 0.50% (BOE).

Memasuki sesi perdagangan hari ini pasar emas diperkirakan masih akan diperdagangkan pada kisaran yang besar menyusul akan dirilisnya sanksi terbaru oleh Rusia, sentiment ini diperkirakan akan menjadi fokus pasar selama sesi perdagangan akhir pekan menyusul tidak banyak data ekonomi yang akan dirilis selama sesi perdagangan hari ini.

Disesi perdagangan Eropa pasar akan terfokus pada data neraca perdagangan Jerman pada pukul 13.00 GMT+7 dan data Neraca Perdagangan Inggris pada pukul 15.30 GMT+7.

TECHNICAL ANALISIS

Secara teknis, harga emas telah keluar dari trend bearish didukung oleh ketegangan di Ukraina yang kembali meningkatkan aliran safe-haven pada harga emas. Sejak sesi perdagangan Rabu (6/8) emas telah keluar dari bias Bearish dan bertahan diatas level $1,300 per troy ounce.

Investor diharapkan untuk kembali mengamati setiap perkembangan yang terjadi di Ukraina, jika kembali memuncak maka harga emas akan mampu bertahan pada level saat ini.

Alternatif Posisi :
Outlook : Positif

Short Term Trade:
- Buy If Break $1,325.80
  Target : $1,328.00 ; $1,331.00

- Sell If Break $1,297.00
  Target : $1,294.00 ; $1,291.00


For Medium Or Long Term Recommendation, Fundamental and Technical Analysis you can SUBSCRIBED as Platinum Members of Kedai Trader

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages