Analisa Emas - 1 Juli 2014

kedaitrader.com - Emas diperdagangkan menguat tajam mencapai level tertinggi sejak 25 Maret pada sesi perdagangan pagi ini, emas diperdagangkan menguat melanjutkan rally hari awal pekan menjelang data ketenagakerjaan AS dan pertemuan Bank Sentral Eropa Bank Sentral Inggris minggu ini.

Harga emas berjangka kontrak Agustus menyelesaikan sesi perdagangan Senin (30/6) dengan keuntungan sebesar $2 atau 0.2% berakhir pada $1,322.00 di Divisi Comex New York Mercantile Exchange. Emas berjangka kontrak Agustus menyelesaikan sesi perdagangan minggu lalu dengan keuntungan sebesar $3.40 atau 0.26%.

Dipasar spot harga emas ditutup naik sebesar $11.80 atau 0.90% berakhir pada $1,327.80, setelah sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,329.25 dan senredah $1,310.15. Selama sesi perdagangna minggu lalu, emas spot mencatatkan keuntungan sebesar $8.90 atau 0.68%.

FUNDAMENTAL ANALISIS

Harga emas diperdagangkan menguat tajam meski data Amerika selama sesi perdagangan semalam menunjukkan hasil yang sangat baik. Dalam data yang dirilis menunjukkan bahwa Pending Home Sales AS selama periode Mei naik sebanyak 6.1%, lebih tinggi dari perkiraan dan data sebelumnya pada 1.5% (F) dan 0.5% (P).

Perilaku pasar nampak berubah menjelang data ketenagakerjaan AS dan beberapa pertemuan Bank Sentral minggu ini. Psar yang juga menanti berita lanjutan seputar pembentukan pemerintahan baru di Irak yang dikabarkan akan mulai dideklarasikan pada 1 Juli telah mendorong investor mengabaikan data ekonomi yang dirilis.

Pada awal periode Juli, yang juga menandai awal perdagangan sesi kuartal ke-3 pasar emas akan terfokus pada pemerintahan baru yang dibentuk di Irak ditengah pemberontakan yang terjadi. Jika terbentuknya pemerintahan baru ini judtru menyulut api pertikaian yang semakin memanas maka emas akan mampu bergerak lebih tinggi bersama dengan harga minyak mentah dunia.

Pada minggu ini data ADP (Rabu 2/7) dan Non-Farm Payrolls (Jum’at 5/7) akan menjadi fokus pasar. ADP Employment AS diperkirakan akan dirilis pada kisaran 200K lapangan kerja baru disektor swasta lebih tinggi dari data sebelumnya pada 179K. Sementara NFP AS diperkirakan akan dirilis pada kisaran 212K dari 217K pada periode.

Memasuki sesi perdagangan hari ini, pasar emas akan terfokus pada setiap perkembangan yang terjadi diIrak menyusul rencana pembentukan pemerintahan baru pada 1 Juli, dan diperkirakan akan cenderung mendorong harga emas bergerak lebih tinggi.

Sementara memasuki sesi perdagangan Amerika pasar akan terfokus pada data ISM Manufaktur yang akan rilis pada pukul 21.00 GMT+7, Data diperkirakan akan dirilis pada angka yang lebih tinggi 55.8 dari 55.4. 

TECHNICAL ANALISIS

Secara teknis, indikator RSI pada harga emas terlihat mulai berada pada kondisi overbought dimana ada kencederungan Jenuh daya beli investor, hal ini diharapkan dapat menjadi salah satu kewaspadaan pada investor untuk berhati-hati ketika memutuskan aksi beli jika tidak ada data yang mampu mendorong harga emas menguat.

Hati-hati terjadi koreksi pada harga emas di sesi perdagangan minggu ini, dengan level support emas berada pada $1,322.00. Jika harga emas mampu bergerak lebih rendah dari level support tersebut maka emas berpotensi kembali menguji level $1,310 sebagai support kuat berikutnya.

Pada sesi perdagangan hari ini, emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran 1,344.60 - 1,322.00.

Alternatif Posisi :
Outlook : Netral

Short Term Trade :
- Buy If Break $1,344.60
  Target : $1,348.00 ; $1,351.00

- Sell If Break $1,310.00
  Target : $1,307.00 ; $1,304.00



For Medium Or Long Term Recommendation, Fundamental and Technical Analysis you can SUBSCRIBED as Platinum Members of Kedai Trader

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages