Analisa Emas - 9 Juni 2014

kedaitrader.com - Pasar emas mengakhiri sesi perdagangan Jum’at dengan pelemahan tipis meski data pengangguran AS dirilis dengan hasil yang cukup baik. Sesuatu yang berbeda terlihat pada perilaku pasar dimana harga emas justru beranjak naik setelah data Non-Farm Payrolls AS yang dirilis diatas perkiraan pasar.

Pasar emas yang sudah terlebih dahulu anjlok selama lima sesi perdagangan berturut-turut, secara teknis rebound namun masih tertahan pada level resistance yang cukup kuat pada $1,261.00

Harga Emas berjangka kontrak Agustus, sebagai kontrak teraktif saat ini menyelesaikan sesi perdagangan Jum’at (6/6) dengan kerugian sebesar 80 sen atau 0.1% berakhir pada $1,252.50 di Divisi Comex New York Mercantile Exchange. Dalam sepekan terakhir harga emas berjangka kontrak Agustus mencatatkan keuntungan sebesar $6.50 atau 0.52%.

Dipasar spot harga emas ditutup dengan keuntungan sebesar 80 sen atau 0.06% berakhir pada $1,252.40, setelah sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,257.60 dan serendah $1,245.70. Dala sepekan lalu, harga emas spot mencatatkan keuntungan sebesar $1.90 atau 0.15%

FUNDAMENTAL ANALISIS

Non-Farm Payrolls AS dirilis lebih rendah pada angka 217.000 selama periode Mei dari 282.000 pada April lalu. Namun sayangnya data dirilis lebih tinggi dari perkiraan pasar sebesar 215.000, data justru menjadi dianggap baik karena menjawab lebih dari apa yang diharapkan oleh pasar.

Sementara tingkat pengangguran AS tidak berubah dari periode bulan sebelumnya pada 6.3% lebih baik dari perkiraan pasar yang melihat tingkat pengangguran AS akan naik pada level 6.4% pada periode bulan Mei. 

Menyusul data tersebut pasar emas diperdagangkan naik menguat hingga level tertinggi hariannya pada $1,257.60. Pasar yang biasanya turun melihat hasil data ekonomi AS yang lebih baik, pada akhir pekan justru menguat setelah data dirilis.

Hanya unsur teknikal rebound yang terlihat terlihat pada pasar, setelah pasar emas anjlok selama sesi perdagangan pekan lalu.

Memasuki sesi perdagangan minggu ini, pasar emas diperkirakan diperdagangkan pada kisaran yang tidak terlalu besar, bahwakan cenderung flat diawal pekan. Pada pertengahan minggu ini, pasar hanya akan terfokus pada data klaim pengangguran dan data penjualan retail Amerika selama periode Mei.

Pada sesi perdagangan hari ini, pasar emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran sempit dengan tidak adanya jadwal data ekonomi yang akan dirilis selama sesi perdagangan hari ini. Memasuki sesi perdagangan Amerika malam ini, pasar cukup memperhatikan press conference salah satu member FOMC Bullard. Pidato ini akan menjadi pidato pertama dari beberapa member FOMC jelang pertemuan Puncak FOMC pada 18 Juni mendatang.

TEKNIKAL ANALISIS

Secara teknis, harga emas telah berhasil rebound setelah mengalami penurunan tajam selama 2 pekan lalu. belum ada pola teknikal yang terbentuk dalam grafik harga yang emas saat ini. 

Pada pola sebelumnya harga emas memang sempat membentuk pola triangle dimana harga bergerak mengerucut, namun pola tersebut telah mengalami penembusan support dan berhasil mencapai target dari pola yang terjadi. Indikasi rebound dan pembentukkan trend baru pada harga kemungkinan besar akan terjadi dengna potensi penguatan harga diperkirakan akan berkisara pada angka $1,268.00. dengan level support emas yang perlu diperhatikan adalah $1,237.90.

Sementara memasuki sesi perdagangan hari ini, emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran $1,261.00 - $1,245.40.




For Medium Or Long Term Recommendation, Fundamental and Technical Analysis you can SUBSCRIBED as Platinum Members of Kedai Trader

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages