Analisa Emas - 19 Juni 2014

kedaitrader.com - Harga emas diperdagangkan menguat bahwa setelah Federal Reserve AS memutuskan untuk kembali menurunkan (tapering) skala pembelian asset  sebesar $10 miliar. Harga emas meningkat tajam setelah kekhawatiran seputar overheating dipasar obligasi dengan yield yang lebih tinggi.

Harga emas berjangka kontrak Agustus menyelesaikan sesi perdagangan Rabu (18/6) dengan keuntungan tipis sebesar $1.50 atau 0.1% berakhir pada $1,272.30 di Divisi Comex New York Mercantile Exchange.

Dipasar spot harga emas ditutup naik sebesar $5.90 atau 0.46% berakhir pada level $1,277.70, setelah sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,278.35 dan serendah $1,266.15.

FUNDAMENTAL ANALISIS

Dalam Pertemuan Federal Reserve AS semalam, Fed memutuskan untuk kembali memangkas (tapering) skala pembelian asset sebesar $10 miliar mejadi $35 miliar setiap bulannya. Selain itu, Fed juga menetapkan suku bunga tetap pada level 0.25%.

Meski biasanya pasar emas merespon buruk kabar tersebur namun kekhawatiran kalangan investor seputar overheating dipasar obligasi telah mendorong sentiment berubah.

Dalam beberapa kali tapering yang dilakukan oleh Fed, investor melihat bahwa tapering yang dilakukan justru mendorong yield obligasi meningkat. Perlu diketahui, bahwa meningkatnya yield oblihadi berarti besar potensi AS mengalami gagal bayar dan mendorong investor mengurangi kepercayaannya terhadap obligasi tersebut.

Selain itu, emas juga diuntungan dengan adanya krisis pemberontakan di Irak. Irak masih akan menjadi fokus pasar dalam beberapa minggu kedepan, hanya saja sentiment Irak hanya akan direspon pasar ketika memang pemberontakan yang terjadi semakin memanas. 

Ketegangan yang terjadi di Irak akan mendorong harga minyak mentah dunia melonjak dan secara langsung akan meningkatkan aliran safe-heaven pada emas sebagai aset pelindung nilai.

Menjelang akhir pekan, setelah pertemuan FOMC minutes AS berlangsung pasar emas akan kembali terfokus pada data ekonomi mingguan.dengan data klaim pengangguran AS akan menjadi fokus pasar pada sesi perdagangan hari ini.

TECHNICAL ANALISIS

Secara teknis, harga emas kembali menguat setelah terkoreksi dari level tertingginya sejak 27 Mei, namun demikian keuntungan pada harga emas masih tertahan hanya pada garis Ekponansial Moving Average 50. Dengan level resistance emas berada pada level $1,286.50.

Perhatikan level resistance emas emas tersebut, jika harga mampu bergerak diatas level tersebut maka emas berpotensi menguji level resistance emas berikutnya pada $1,296.80. Dengan level support emas yang perlu diperhatikan adalah $1,257.50.

Pada sesi perdagangan hari ini, emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran $1,279.50 - $1,265.20.

Altenratif Posisi :
Outlook : Negatif

Short Term Trade : 

- Buy If Break $1,286.50
  Target : $1,289.00 ; $1,292.00

- Sell If Break $1,265.20
  Target : $1,263.00 ; $1,261.00



For Medium Or Long Term Recommendation, Fundamental and Technical Analysis you can SUBSCRIBED as Platinum Members of Kedai Trader

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages