Analisa Emas - 16 Juni 2014

kedaitrader.com - Harga emas diperdagangkan menguat tajam selama sesi perdagangan Jum’at (13/6), meski dengan keuntungan tipis namun harga emas berhasil mencatatkan keuntungan dalam satu pekan perdagangan. Emas mencatatkan keuntungan tajam dalam sepekan ditengah meningkatnya ketegangan di Irak.

Harga Emas berjangka kontrak Agustus menyelesaikan sesi perdagangan Jum’at (13/6) dengan keuntungan tipis hanya sebeasr 10 send berakhir pada $1,274.10 di Divisi Comex New York Mercantile Exchange. Dalam sepekan terkahir harga emas berjangka mencatatkan keuntungan sebesar 21.60 atau 1.72%.

Dipasar spot harga emas ditutup dengan keuntungan sebesar $3.40 atau 0.27% berakhir pada $1,276.60, setelah sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,277.75 dan serendah $1,270.60. Emas mencatatkan keuntugan sebesar $24.20 atau 1.93% selama sesi perdagangan minggu lalu.

FUNDAMENTAL ANALISIS

Disesi perdagangan Jum’at (13/6) pasar emas diuntungkan oleh tindakan pemberontakan di Irak oleh militant Sunni. Selama sesi perdagangan akhir pekan investor masih bersikap tenang menyikapi perkembangan pemberontakan di Irak, setelah mendengar bahwa AS masih akan meninjau dan tidak akan mengambil tindakan militer segera untuk membantu Irak menghadapi senrangan pemberontakan.

Pasar emas akan banyak diuntungkan jika pemberotakan di Irak semakin memanas. Ketegangan yang terjadi di Irak akan mendorong harga minyak mentah dunia melonjak dan secara langsung akan meningkatkan aliran safe-heaven pada emas sebagai aset pelindung nilai.

Perlu diketahui bahwa, Irak menghasilkan sekitar 2,6 juta – 2.7 Juta barel minyak setiap harinya.

Diuar sentiment Irak, selama sesi perdagangan akhir pekan pasar diwarnai oleh data Inflasi Produsen AS, dengan index PPI AS dirilis turun 0.2% selama periode Mei, memburuk dari data sebelumnya dan perkiraan pasar yang menunjukkan kenaikan sebesar 0.6% pada April dan kenaikan 0.1% berdasarkan perkiraan pasar.

Memasuki sesi perdagangan pekan ini, pasar emas diperkirakan akan terfokus pada setiap perkembangan yang terjadi di Irak dan pertemuan FOMC Minutes AS pada sesi perdagangan Kamis dini hari pukul 01.00 GMT+7. 

Diawal pekan harga emas berpotensi menguat mengikuti trend harga minyak mentah dunia yang juga menguat pasca meningkatnya ketegangan di Irak. 

TECHNICAL ANALISIS

Secara teknis, setelah harga emas beranjak naik pada pekan ini, maka harga emas berpotensi untuk mengakhiri masa rebound menyusul beberapa indikator telah menunjukkan masa Overbought. Dimana harga berada pada fase titik jenuh beli.

Namun demikian, faktor fundamental dari Irak berpotensi membawa emas untuk terus menguat, dan investor diharapkan untuk memperhatikan setiap penembusan level support dan resistance emas yang cukup kuat.

Perhatikan level resistance emas pada $1,283.30, jika harga mampu bergerak diatas level tersebut maka emas berpotensi menguji level resistance emas berikutnya pada $1,293.80. dengna level support emas yang perlu diperhatikan adalah $1,267.80

Memasuki sesi perdagangan hari ini, emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran $1,296.80 - $1,274.40.




For Medium Or Long Term Recommendation, Fundamental and Technical Analysis you can SUBSCRIBED as Platinum Members of Kedai Trader

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages